Jumat, 01 April 2011

Jenis Arsip

Jenis Arsip Berdasarkan Medianya              :
a.   Arsip berbasis kertas (conventional archives/records) adalah arsip yang berupa teks atau gambar atau numeric yang tertuang diatas kertas.
b.   Arsip pandang-dengar (audio-visual archives/records) merupakan arsip yang dapat dilihat dan didengar. Contohnya : kaset video, film, VCD, cassette recording, gambar static (foto).
c.  Arsip kartografik dan arsitektual (cartographic and architectural archives/records) adalah arsip berbasis kertas tetapi isinya memuat gambar grafik, peta, maket, atau gambar arsiptek lainnya, dan karena bentuknya unik dan khas maka dibedakan dari arsip berbasis kertas pada umumnya.
d. Arsip elektronik merupakan arsip yang dihasilkan oleh teknologi informasi, khususnya komputer (mechine readable).

Jenis Arsip Berdasarkan Fungsinya             :
a.   Arsip Dinamis, dalam istilah asing disebut records terdiri dari 2 macam :

-     Arsip dinamis aktif (active records) yaitu arsip yang masing digunakan secara langsung dalam penyelesaian suatu kegiatan. Sehingga arsip aktif ini juga merupakan berkas kerja.

-     Arsip dinamis inaktif (inactive records) yaitu arsip yang sudah tidak digunakan secara langsung dalam penyelesaian kegiatan, karena kegiatan sudah selesai tetapi sewaktu- waktu masih diperlukan sehingga perlu disimpan.

b.   Arsip statis (archive) yaitu arsip yang sudah tidak lagi digunakan dalam kegiatan oleh penciptanya, tetapi mempunyai nilai tertentu sehingga pantas untuk dilestarikan/diabadikan untuk kepentingan umum, sejarah, atau sebagai bahan bukti dan pertanggungjawaban nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar